Saturday, July 31, 2021
Home Bisnis Tidak Sekedar Hobi, Inilah Alasan Utama Aku Bertahan Ngeblog

Tidak Sekedar Hobi, Inilah Alasan Utama Aku Bertahan Ngeblog

Sejak aku masih bersekolah di SMK, tepatnya saat aku kelas 11, aku mulai aktif ngeblog. Ya, sebuah aktivitas yang terbilang tak butuh banyak gerak, cukup memandang laptop dalam kurun waktu lama. Emang ngapain? Ya nulis artikel, ya editing template biar keren.

Sejujurnya, sebagai siswa jurusan TKJ, aku tidak bisa membiarkan tampilan blogku biasa-biasa saja. Ya maklum saja, jurusan kami diidentikan terampil dalam mengolah web, padahal di sekolah kami sama sekali tidak diajari soal itu. Namun tetap saja, anggapan itu sudah melekat; mau bagaimana lagi.

Kegemaranku ngeblog berlanjut hingga aku masuk dunia perkuliahan. Aku masih ingat, semester pertama kuliah, aku ada pelatihan wajib yang di dalamnya memuat desain web. Karena aku sudah biasa editing blog, maka pelatihan itu tidak berat bagiku. Bahkan instruktur yang mengajar terkagum-kagum dengan tampilan blogku yang paling keren. Eh, endingnya instrukturnya malah minta aku mengajarinya.

Dengan lamanya pengalamanku, akhirnya kuputuskan untuk menjadi blogger secara totalitas pada semester 5 perkuliahan. Ya, aku tak ingin lagi menjadi newbie, aku harus menjadi master. Sobat, setidaknya ada 3 alasan utama mengapa aku bertahan sebagai seorang blogger. Apa sih yang kuinginkan?

Mengasah Kemampuan Menjadi Programer Web

Bertahun-tahun berkecimpung di dunia blog, kemampuanku editing blog semakin bertambah. Seringkali, ketika aku mendesain sebuah template blog, proses itu tidak berjalan mulus, ada kendala, kegagalan dalam mengaplikasikan script HTML. Tetapi, di balik itu justru aku semakin bersemangat mencari solusi atas kendala yang kualami.

Saat masih di sekolah dulu, aku masih gemar menggunakan domain gratis. Tapi sejak keputusanku totalitas menjadi profesional blogger, aku perlu domain yang berbayar. Karena aku sadar, jika aku masih menggunakan domain gratisan, itu tidak keren sama sekali. Akhirnya aku membeli Top Level Domain (TLD) di  www.domainesia.com karena harganya yang sangat terjangkau tetapi layanannya terbaik.

Berangkat dari satu domain, kini aku sudah memiliki puluhan domain yang kuolah sebagai blog SEO untuk melakukan kerjasama backlink. Sejak saat itu, aku memiliki program, satu bulan minimal aku perlu menambah 4 blog baru.

Ladang Amal Kebaikan Era Modern

Tahukah kamu, bahwa senyum merupakan ladang amal kebaikan? Ya, amal satu ini sangatlah ringan, tapi nyatanya sulit dilakukan. Apalagi diminta senyum kepada mantan. Tetapi, dengan menjadi blogger, aku bisa meraih ladang amal kebajikan dengan cara yang sangat mudah.

Aku termasuk seorang blogger yang aktif berinteraksi dengan pengunjung blogku. Aku rutin membaca komentar-komentar masuk, tenggapan, atau bahkan kritik sekalipun. Aku sendiri cukup puas ketika ada pengunjung yang mengucapkan terima kasih, atas informasi yang kubagikan melalui blog.

Artikel di blogku beragam, tergantung niche-nya. Aku punya blog dengan artikel motivasi, ada juga seputar tugas kuliah, food and travel, dan lain-lain. Bagiku, ketika ada pengunjung yang menemukan solusi atas permasalahan hatinya, blog motivasiku sudah menghasilkan pahala. Pun ketika mahasiswa menemukan tugas kuliahnya, mendapatkan informasi kuliner, dan lain-lain.

Sebagai Sumber Penghasilan

Sejujurnya, sejak aku aktif ngeblog di bangku SMK dulu, aku sudah mencari informasi bagaimana cara mencari duit lewat blog. Namun, pada faktanya, hal ini baru terjadi di tahun 2016 lalu. Kala itu, seorang kawan kuliahku mengajak untuk mengoptimasi blog sebagai sumber penghasilan dengan SEO.

Baiklah, aku menerima ajakan itu. Dan benar saja, aku tidak butuh waktu lama untuk menguasai blog SEO karena sepak terjangku yang sudah cukup lama di dunia blogger. Cukup dua minggu, dimulai dengan dua blog, ternyata memang blog SEO bisa menghasilkan rupiah.

Aku bersyukur bisa mencapai posisi ini, menjadi profesional Blogger. Sebagai informasi tambahan, tahun 2017 lalu, aku beranikan diri menikah dengan modal 5 blog saja. Yah, karena istriku ikut membantu mengelola blog setelahnya, saat ini blogku sudah banyak berkembang. Tapi tolong, jangan baper. Please!

Pembaca yang baik hati, itulah 3 alasan sederhana kenapa aku bertahan ngeblog hingga saat ini, dan mungkin seterusnya. Semoga tulisan singkat nan sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi diri pribadi, dan pembaca sekalian. Terima kasih ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Panduan Lengkap Mengatur Stok Barang Di Gudang (In Dan Out)

Apakah anda saat ini tengah bekerja sebagai salah satu admin gudang? Gudang barang - barang merupakan salah satu tempat dimana barang akan berada dan...

Model Kabinet Set Dapur Terbaru Bergaya Terbuka

  Kitchen set dengan rack menggantung tanpa pintu bisa berperan sebagai area untuk menyimpan beberapa barang dapur sekalian tempat menempatkan pajangan. Dengan mode tergantung, almari...

DOOgether Aplikasi Olahraga di Rumah: Tips Aman Berolahraga Saat Masa Pandemi

  Hadirnya pandemi virus corona ini memang membawa dampak yang tidak bisa dianggap ringan. Dampaknya tidak hanya di sektor kesehatan saja, karena hampir semua sektor...

USAHA JASA PRINTING ITU MUDAH! YUK PENGGUNA PADI UMKM TERAPKAN CARA BERIKUT INI

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai usaha jasa printing yang dikutip dari buka warung com adalah menentukan segmen pasar. Tentukan apakah Anda akan...

Recent Comments