Sunday, July 25, 2021
Home Berita Daftar Makanan untuk Diare Agar Segera Pulih

Daftar Makanan untuk Diare Agar Segera Pulih

Siapa saja orangnya, pasti tidak ingin mengalami yang namanya diare. Karena diare merupakan salah satu penyakit yang cukup menyiksa. Dimana penderitanya harus merasakan perut mulas, mual, muntah, serta harus bolak-balik ke toilet atau WC untuk buang air besar. Saat buang air besarnya ini biasanya tinjanya menjadi berbentuk lebih encer dari biasanya, dan bahkan terkadang juga bercampur dengan darah. Karena mengeluarkan tinja encer terus menerus, tak heran jika pada seseorang yang mengalami diare akan mudah untuk mengalami dehidrasi.

Umumnya diare terjadi karena infeksi virus atau bakteri pada sistem pencernaan. Sehingga mengakibatkan usus terinfeksi dan tidak bisa bekerja secara maksimal dalam menyerap nutrisi maupun makanan yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya sisa makanan yang harus dibuang dalam bentuk feses menjadi bertekstur cair atau encer. Selain karena infeksi virus maupun bakteri, diare juga bisa dipicu oleh penyebab lain, seperti intoleransi makanan atau minuman, mengonsumsi makanan pedas, makanan digoreng, dan makanan berlemak.

Jika Anda memiliki segudang aktivitas yang cukup padat, tentunya kehadiran penyakit diare ini akan sangat mengganggu. Tubuh pun menjadi kurang nyaman untuk digunakan beraktivitas. Nah, mengingat diare bisa terjadi karena dipicu oleh makanan tertentu, maka untuk meredakannya jangan sampai mengonsumsi makanan secara sembarangan. Ada beberapa makanan untuk diare yang bisa dikonsumsi agar kondisi bisa berangsur-angsur pulih, antara lain:

1. Makanan berkuah.

Saat mengalami diare, tubuh mudah sekali mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan tubuh banyak kehilangan cairan saat mengeluarkan feses yang cair. Dehidrasi pada diare tidak bisa dianggap remeh karena bisa mengancam keselamatan jika dibiarkan. Untuk mengatasi hal ini, maka saat diare sangat disarankan untuk minum banyak air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain minum air putih yang banyak, Anda juga bisa menyelinginya dengan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna oleh tubuh saat diare. Sup menjadi makanan yang sangat cocok saat kondisi ini. Selain bisa dicerna tubuh dengan mudah, sup juga bisa mengenyangkan perut, menambah energi tubuh, serta memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

2. Nasi putih dan bubur.

Makanan yang kaya akan serat memang bagus untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Namun ketika mengalami diare, sebaiknya hindari dulu untuk mengonsumsi jenis makanan yang demikian. Sebaiknya pilih jenis makanan yang tinggi kandungan karbohidratnya, namun lebih rendah seratnya, seperti nasi putih dan bubur. Selain akan lebih mudah untuk dicerna, jenis makanan ini juga tidak akan membuat usus bekerja lebih keras.

3. Makanan hambar.

Untuk jenis makanan hambar yang bisa dikonsumsi saat diare adalah roti tawar. Rasa hambar atau tawar pada roti tawar ini bisa mengurangi rasa mual ketika makan. Selain itu, roti tawar juga bertekstur halus dan mudah untuk dicerna, sehingga cocok untuk kondisi pencernaan yang sedang terjadi peradangan.

4. Buah-buahan.

Memang sangat tidak dianjurkan mengonsumsi makanan yang berserat saat mengalami diare. Namun ada beberapa buah-buahan yang justru bagus dikonsumsi saat sedang diare, seperti buah pisang dan apel. Hal ini dikarenakan kedua jenis buah tersebut mengandung pektin yang akan membantu memadatkan feses. Sehingga feses yang encer saat diare bisa semakin berkurang.

5. Makanan yang kaya akan probiotik.

Makanan probiotik bisa menjadi makanan untuk diare selanjutnya yang sebaiknya dikonsumsi. Hal ini dikarenakan bakteri baik dalam makanan probiotik akan membantu menggantikan bakteri baik yang hilang atau ikut keluar bersama feses. Adapun jenis makanan probiotik yang bisa dikonsumsi, antara lain yoghurt, tempe, dll.

Itu tadi beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi ketika mengalami diare. Sehingga dengan mengonsumsi jenis makanan tersebut diharapkan kondisi diare akan berangsur-angsur semakin membaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

DOOgether Aplikasi Olahraga di Rumah: Tips Aman Berolahraga Saat Masa Pandemi

  Hadirnya pandemi virus corona ini memang membawa dampak yang tidak bisa dianggap ringan. Dampaknya tidak hanya di sektor kesehatan saja, karena hampir semua sektor...

USAHA JASA PRINTING ITU MUDAH! YUK PENGGUNA PADI UMKM TERAPKAN CARA BERIKUT INI

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai usaha jasa printing yang dikutip dari buka warung com adalah menentukan segmen pasar. Tentukan apakah Anda akan...

Cara Mengolah Daging Sapi dengan Benar dan Tetap Bergizi

Daging sapi merupakan sumber nutrisi penting, seperti protein dan mineral. Namun, daging sapi juga bisa menjadi sumber lemak dan kolesterol jahat. Cara mengolah, cara...

Rincian Biaya Tak Terduga saat menggunakan Rental Mobil

Bila anda hendak menggunakan layanan rental mobil di Jakarta, pastikan membaca secara menyeluruh cetakan kecil artikel ini dan jangan lupa untuk bertanya secara detil...

Recent Comments